Cara Terbaik Untuk Membuat Tidur Lebih Baik

Cara Terbaik Untuk Membuat Tidur Lebih Baik


Kurang tidur dapat merusak kesehatan tubuh Anda. Hal itu juga akan membuat Anda merasa tidak bersemangat dan malas sepanjang hari. Tidur yang baik adalah faktor perilaku dan lingkungan yang mempengaruhi tidur Anda. Berikut adalah cara terbaik untuk membuat tidur Anda menjadi lebih sehat serta mengobati masalah gangguan tidur, seperti:

Buatlah rutinitas tidur untuk memiliki tidur yang sehat. Tetap tidur dan bangun di waktu yang telah Anda tentukan untuk membantu menjaga kebiasaan tidur yang sehat. Hindari fleksibilitas karena mengarah ke waktu tidur yang tidak tepat. Pastikan Anda juga mendapat waktu tidur siang selama 30-45 menit ketika sedang bebas bekerja.

Tidur beberapa jam setelah makan malam. Jangan tidur ketika perut sedang kosong atau setelah makan! Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum waktu tidur. Pastikan Anda memilih makanan ringan yang mudah dicerna dan sehat untuk tubuh.

Membuat suasana tidur menjadi lebih tenang dengan membuat tubuh merasa lebih nyamanBerikan tekanan ringan pada mata Anda dengan mengurangi cahaya di ruangan, tidak menonton TV atau bekerja dengan komputer atau laptop. Baca novel kesukaan Anda untuk bersantai dan membuat mood menjadi lebih tenang saat tidur. Bagi kebanyakan orang, gangguan tidur bisa dikendalikan dengan membaca novel sebelum tidur.

Mengurangi kebisingan di rumah. Suara bising membuat Anda sulit mendapatkan tidur yang baik. Semua orang perlu merasa lebih santai sebelum tidur.

Jangan mengonsumsi kafein 5-6 jam sebelum tidur. Kafein menyebabkan masalah tidur dan dapat membuat Anda terjaga selama 10-12 jam.

Hindari minum cairan seperti jus atau air yang berlebihan sebelum tidur. Kebiasaan itu bisa membuat Anda sering buang air kecil di malam hari yang dapat mengganggu tidur Anda.

Untuk mengobati gangguan tidur, jangan mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Banyak orang berpikir bahwa alkohol dapat membantu tidur jadi lebih mudah. Namun gara-gara alkohol, kualitas dan kuantitas tidur Anda justru dapat berkurang. Jangan pula merokok sebelum tidur karena nikotin dalam tembakau menyebabkan masalah tidur. Untuk bahaya rokok yang lain baca disini.

Cobalah untuk melakukan beberapa latihan pernapasan atau yoga sebelum tidur. Latihan ini dapat melemaskan otot-otot, tubuh dan pikiran untuk mendapatkan tidur yang sehat dan menyembuhkan gangguan tidur.

Inilah  cara terbaik untuk membuat tidur lebih baik serta menjadi lebih sehat dan mengobati masalah gangguan tidur. Ingat!! kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah, terutama kehilangan fokus dan tidak berenergi.
Posted by Erwan Setiawan, Published at 18.00

1 komentar:

  1. GAN BOLEH JG ARTIKEL NYA.......
    HEHE.............

    BalasHapus

1. Blog ini sudah dofollow
2. Jangan live link
3. Jika blog ini berguna buat anda, klik follow demi kemajuan blog ini dan anda sekalian.

Terima Kasih Bagi yang sudah berkomentar dan memfollow blog ini.

Copyright © 2013 RICH KONTEN | Design By Pathmo Media And Supported By Jajal-SEO