Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Jangan takut ke dokter gigi
Beberapa orang merasa ngeri bila harus ke dokter gigi. Membayangkan peralatan di ruang dokter gigi saja terasa menyeramkan. Jika merasa cemas berada di ruang dokter gigi, cobalah untuk membawa pemutar musik dengan daftar lagu kesayangan Anda. Kemudian, cobalah untuk bernapas teratur. Jangan menahan napas. Dengan begitu, peredaran darah akan lancar sehingga membantu Anda mengurangi ketegangan. Dan jangan malu mengungkapkan soal ketegangan Anda kepada dokter. Dengan begitu, ia bakal membantu Anda merasa nyaman.

Flossing-lah sebelum menyikat gigi
Flossing adalah cara pembersihan sela gigi dengan menggunakan benang. Flossing akan mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi sehingga membantu penyikatan gigi menjadi lebih efektif. Saat menyikat gigi tiba, pastikan menyikat dengan sudut 45 derajat pada garis gusi dengan gerakan lembut.

Manfaatkan tusuk gigi
Jika tidak memiliki benang pembersih gigi, Anda dapat menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sela gigi. Namun, gunakanlah secara perlahan. Penggunaan tusuk gigi secara kasar akan melukai gusi Anda. Dan luka merupakan wadah yang tepat untuk berkembangnya bakteri.

Ganti secara rutin sikat gigi Anda
Agar gigi lebih sehat, gantilah sikat gigi Anda secara rutin setiap tiga atau empat bulan. Untuk sikat gigi elektrik, gantilah sesuai dengan panduan di buku petunjuk. Penggantian sikat gigi secara teratur akan membantu Anda menghindari kuman yang mungkin menempel di bulu sikat.

Konsumsi keju
Protein yang terkandung dalam keju sangat baik untuk mencegah pengikisan email gigi. Ditambah lagi, keju kaya akan kalsium yang juga membuat gigi lebih kuat. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Vitamin D bisa didapatkan dalam susu, telur, dan ikan.

Hentikan noda dengan baking soda
Jika Anda gemar mengonsumsi kopi, teh, atau makanan lain yang akan meninggalkan plak di gigi, cobalah untuk bersihkan gigi dengan baking soda dua kali dalam sebulan. Gunakan baking soda seperti halnya Anda menggunakan pasta gigi. Jika penggunaan baking soda membuat Anda iritasi, cobalah pasta gigi yang mengandung baking soda.

Perhatikan makanan
Beberapa makanan dituduh dapat meninggalkan noda di gigi. Beberapa makanan lain juga diklaim dapat mencerahkan gigi, misalnya stroberi. Ada spekulasi bahwa stroberi memiliki pemutih gigi alami. Karena itu, cocok untuk membantu membersihkan gigi sehabis mengonsumsi kopi atau merokok. Untuk lebih membantu meminimalisir plak, cobalah memakan apel, pir, wortel, atau seledri. Makanan ini akan memperbanyak produksi air liur yang baik bagi kebersihan gigi.

Atur kadar keasaman
Kadar keasaman akan memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda. Makanan yang dapat memengaruhi kadar keasaman di antaranya cokelat, alkohol, soda, kopi, teh, bawang merah, bawang putih, produk susu, tomat, jeruk, mint, serta makanan pedas dan berlemak.

Jaga kesehatan lidah
Agar napas tetap terjaga, sikatlah pula lidah Anda tiap kali menyikat gigi. Lidah merupakan salah satu tempat berkembangnya bakteri yang menyebabkan napas tak segar. Untuk membersihkan lidah, gunakanlah scrub atau penggosok lidah setiap hari.

Obat membuat mulut kering
Mulut membutuhkan air liur agat tetap sehat. Namun, beberapa obat-obatan seperti antihistamin dapat mengeringkan air liur. Untuk membantu menjaga kelembapan gigi, tingkatkan asupan cairan dalam tubuh atau kunyahlah permen karet sehabis makan. Jika itu tidak membantu, konsultasikan ke dokter mengenai penggunaan produk air liur buatan.

Sumber : www.tempo.co.id
Posted by jajalseo, Published at 02.30

3 komentar:

  1. untuk flosing saya belum pernah gan . untuk menggunakan tusuk gigi saya malah jujur ini tidak bisa sama sekali. kalauu untuk minuman bersoda sepertinya sudah di hindari. makasih ya gan untuk sharenya saya akan rajin untuk berganti sikat gigi biar gigi saya awet dan tahan lama

    BalasHapus
  2. eheheh bisa di coba nih,bagi orang yang giginya sering copot :v.ane sih gak pernah copot gigi lagi,karena sering pakai p*sodent dan E*zim

    BalasHapus
  3. gigi ane graham ane lagi tahap pencopotan nih gan ahhahaha

    BalasHapus

1. Blog ini sudah dofollow
2. Jangan live link
3. Jika blog ini berguna buat anda, klik follow demi kemajuan blog ini dan anda sekalian.

Terima Kasih Bagi yang sudah berkomentar dan memfollow blog ini.

Copyright © 2013 RICH KONTEN | Design By Pathmo Media And Supported By Jajal-SEO